Senin, 23 April 2018

LAPORAN OBSERVASI
Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran di TBM Panggung Inspirasi
Dibuat untuk memenuhi salah satu tugas dalam mata kuliah Pengembangan Media PLS
Dosen Pengampu: Ahmad Fauzi, M.Pd

Disusun oleh:
Kelompok wilayah Tangerang:
 Ika Rahmawati (2221160002)
Nelvia Septia Roza (2221160003)
Zaky Aulia Amini (2221160005)
Revi Krisnawati (2221160007)
Rinda Matilda (2221160013)
Nuratikah (2221160032)
Vivi Maulidia Sofiana (2221160033)
Ayuni Shirotul J. P. Putri (2221160038)
Widya Fibrianti (2221160048)
Sely Vizriani (2221160055)
 KELAS IV - A
JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
2018
KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala rahmat, taufik dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan lancar.
Laporan ini berjudul Efektivitas Penggunaan Media di TBM Panggung Inspirasi. Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengembangan Media PLS. Laporan ini dapat diselesaikan dengan baik karena dukungan dan pertisipasi dari berbagai pihak. Oleh karena itu penyusun mengucapkan terimakasih kepada :
Allah SWT
Kedua orang tua yang telah memberi dukungan baik secara moril maupun materil.
Pak Ahmad Fauzi M,Pd selaku Dosen Pengampu mata Kuliah Pengembangan Media PLS
Meli Amalia selaku narasumber dari TBM Panggung Inspirasi
Semua pihak yang membantu dalam penyusunan laporan ini
Kami menyadari dalam penyusunan Laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang konstruktif sangat penyusun harapkan. Sehingga dapat memberikan manfaat khususnya bagi kami sebagai penyusun dan umumnya bagi seluruh pembaca.


Serang,   April  2018            
Penyusun





DAFTAR ISI

KATA PENGANTARi
DAFTAR ISIii
BAB I
A. Pengertian TBM1
B. Tujuan,Manfaat,Fungsi TBM1
BAB II
Penggunaan Media di TBM Panggung Inspirasi5
Peran Media di TBM Panggung Inspirasi5
Efektifitas Pengembangan Media di TBM Panggung Inspirasi6
BAB III
a. Saran7
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN







BAB I
PENDAHULUAN

Pengertian TBM
TBM Menurut Sutarno NS (2008:129) Taman Baca Masyarakat adalah tempat yang sengaja dibuat pemerintah, perorangan atau swakelola dan swadaya masyarakat untuk menyediakan bahan bacaan dan menumbugkan minat baca kepada masyarakat yang berada disekitar TBM. TBM merupakan suatu tempat yang sengaja dibuat dan dikelola oleh masyarakat, perorangan, lembaga dan pemerintah untuk menumbuhkan minat baca kepada masyarakat yang ada dilingkungan taman baca tersebut, menurut sinaga, dian (sinaga, dian:2005)  perbandingan taman baca masyarakat dengan perpustakaan ditinjau dari sifatnya lebih informal dan cakupan tidak terlalu luar ketimbang perpustakaan sedangkan pepustakaan sifatnya lebih formal dan cakupannya lebih luas.
Fungsi, Tujuan dan Manfaat Taman Bacaan Masyarakat
Dalam memenuhi peranannya sebagai sumber belajar yang dapat memfasilitasi pembelajaran seumur hidup, TBM mempunyai fungsi sebagai tempat belajar dan mencari informasi yang dibutuhkan masyarakat, baik mengenai masalah yang langsung berhubungan dengan masalah pendidikan maupun tidak berhubungan dengan pendidikan.
Menurut Buku pedoman Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat dalam artikel (Possa: 12), fungsi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) adalah :
sarana pembelajaran bagi masyarakat untuk belajar mandiri, dan sebagai penunjang kurikulum program Pendidikan Luar Sekolah.
sumber informasi yang bersumber dari buku dan bahan bacaan Iainnya yang sesuai dengan kebutuhan warga belajar dan masyarakat setempat.
 sumber penelitian dengan menyedikan buku-buku dan bahan bacaan Iainnya dalam studi kepustakaan.
 sumber hiburan (rekreatif) yang menyediakan bahan bacaan yang sifatnya rekreatif untuk memamfaatkan waktu senggang untuk memperoleh pengetahuan/informasi baru yang menarik dan bermanfaat.
Menurut Buku pedoman Pengelolaan Taman bacaan Masyarakat (2006: 2), fungsi taman bacaan masyarakat adalah :
Sarana pembelajaran bagi masyarakat untuk belajar mandiri, dan sebagai penunjang kurikulum program Pendidikan Luar Sekolah, khususnya program keaksaraan.
Sumber informasi yang bersumber dari buku dan bahan bacaan Iainnya yang sesuai dengan kebutuhan warga belajar dan masyarakat setempat.
Sumber penelitian dengan menyedikan buku-buku dan bahan bacaan Iainnya dalam studi kepustakaan.
Sumber rujukan yang menyediakan bahan referensi bagi pembelajaran dan kegiatan akademik Iainnya.
 Sumber hiburan (rekreatif) yang menyediakan bahan-bahan bacaan yang sifatnya rekreatif untuk memamfaatkan waktu senggang untuk memperoleh pengetahuan/informasi baru yang menarik dan bermanfaat.
Dari uraian diatas TBM menjalankan beberapa fungsi. Fungsi tersebut terdiri dari fungsi pembelajaran, hiburan dan informasi. TBM melaksanakan kegiatan pelayanannya bervariasi. Ada banyak nama yang digunakan TBM, misalnya Rumah baca, pondok baca, perahu baca, Warung baca, namun pada hakikatnya kesemua lembaga atau organisasi tersebut , melakukan fungsi yang sama dengan TBM.
Taman bacaan masyarakat tergolong dalam kategori perpustakaan umum, jadi Tujuan perpustakaan umum menurut Sulistyo-Basuki dalam buku (2006: 22) adalah
Sebagai sarana pembelajaran masyarakat
Sarana hiburan (rekreasi) dan pemanfaatan waktu secara efektif dengan memanfaatkan bahan–bahan bacaan dan merupakan sumber informasi lain sehingga warga masyarakat dapat memperoleh pengetahuan dan informasi baru guna meningkatkan kehidupan mereka
Sarana informasi berupa buku, multi media lain, atau bacaan lain yang sesuai dengan kebutuhan warga belajar dan masyarakat setempat.
TBM Panggung Inspirasi terletak di JL. Raya Serang Km. 29,5 Kp. Cangkudu RT. 04/03 Ds. Cangkudu Kec. Balaraja  Kab. Tangerang Prov. Banten berdiri tahun 2017 nama ketua di TBM Panggung Inspirasi adalah Ari Novialdi. Memiliki visi “terciptanya masyarakat yang gemar membaca dan belajar,  membentuk karakter sejak dini, masyarakat memiliki kemampuan keterampilan, berkesenian agar masyarakat berpengetahuan cerdas dan berbudaya, berdaya saing tinggi serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.”. dan memiliki misi
Menyadarkan masyarakat akan pentingnya membaca dan belajar seumur hidup sebagai wahana mencerdaskan kehidupan bangsa;
Menyelenggarakan gerakan pemasyarakatan minat baca secara terus menerus di seluruh lapisan masyarakat;
Menyelenggarakan pelatihan keterampilan, serta;
Menjalin kerjasama dengan semua pihak
TBM Panggung Inspirasi Memiliki tujuan, yaitu :
Membangkitkan semangat dan kemauan masyarakat untuk belajar dan membaca serta menjadikan membaca sebagai budaya di masyarakat.
Mengembangkan dan meningkatkan peran Taman Bacaan Masyarakat dan seluruh unsur masyarakat dalam pengembangan minat  dan budaya gemar membaca;
Memberikan  Pelatihan dan Keterampilan sehingga masyarakat dapat memiliki kemampuan untuk meningkatkan pengetahuannya
Turut mewujudkan pembangunan masyarakat Indonesia seutuhnya, manusia yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur sebagai subyek pembangunan nasional.
Menjadi sebuah wadah aspirasi bagi masyarakat untuk memfasilitasi keluhan atau ketidakpuasan dalam hal pelayanan pendidikan.
Mendukung pelaksanaan program Pemerintah Kabupaten Tangerang serta menjalin forum komunikasi serta silahturahmi masyarakat melalui kegiatan TBM Panggung Inspirasi.
Kegiatan yang dilakukan di TBM Panggung Inspirasi sebagian besar dilaksanakan di hari minggu. Kegiatannya yaitu
Deklarasi TBM Panggung Inspirasi
Peminjaman buku gratis
Bimbingan Belajar
Keaksaraan Dasar
Mendongeng
Berkreasi dengan sub tema tertentu serta melaksanakan kegiatan pada peringatan hari hari tertentu.
Latihan kosidahan.
Mengadakan pelatihan membuat kreasi dari kain flannel, kain perca, dll.
Senam
Gelar buku
Perlombaan dihari besar, seperti di hari ibu

Mitra yang sudah bergabung dengan TBM Panggung Inspirasi adalah
Para relawan
1001 buku
Forum TBM Kabupaten tangerang
Motor literasi (Moli)
Komunitas Pemuda Peduli (PADI)






















BAB II
PEMBAHASAN

Media pembelajaran di TBM
Media yang digunakan oleh TBM Panggung Inspirasi
Media pembelajaransecara umum adalah alat bantuproses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.

Ada beberapa jenis media pembelajaran, diantaranya :
Media Visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komikMedia Audial : radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnyaProjected still media : slide; over head projektor (OHP), in focus dan sejenisnyaProjected motion media : film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.

Media pembelajaran yang digunakan di TBM ini bermacam-macam mulai dari laptop, puzzle, sound system, buku, dan kertas origami, papan mading, papan tulis, kertas hvs kosong maupun yang sudah berisi materi pembelajaran. Media pembelajaran yang diguanakan berubah2 sesuai dengan tema pembelajaran masing-masing setiap pertemuan.

Peran media pembelajaran
Laptop
Laptop ini digunakan untuk menampilkan gambar dan video untuk menunjang pembelajaran yang berlangsung. Contoh tema pembelajaran tentang profesi yang ada di indonesia, para tutor menggunakan laptop untuk menjelaskan dan memberi gambaran tentang profesi di indonesia tersebut dengan mengarahkan laptop ke arah peserta belajar.
Sound sistem
Sound sistem digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran dengan metode menari dan menyanyi. Juga membantu tutor untuk menjelaskan materi pembelajaan yang disampaikan.
puzzle,
Puzzle digunakan sebagai media hiburan jika anak-anak sudah mulai jenuh saat proses pembelajaran
Kertas origami
Kertas digunakan untuk membuat kreasi dan kerajinan tangan dengan berbagai macam bentuk dan tulisan.  Contoh pada tema cita-citaku peserta belajar menuliskan cita-citanya di origami kemudian ditempel di papan mading
Kertas Hvs
Berisi materi pembelajaran dan catatan lagu-lagu yang diberikan oleh tutor.
Buku
Buku ini disediakan untuk anak-anak membaca dan dibacakan dongeng oleh tutor setiap pembelajaran berlangsung untuk menghibur anak-anak
Papan mading
Papan mading digunakan untuk mempublikasikan hasil karya dan kreasi anak-anak baik tulisan maupun kerajinan tangan anak-anak.

Efektivitas penggunaan media pembelajaran
Penggunaaan media pembelajaran di TBM Panggung inspirasi dapat dikatakan efektif. Mengingat tujuan dari TBM itu sendiri adalah membangun karakter anak-anak dan mengajak anak-anak untuk gemar membaca melalui media pembelajaran ang digunakan di TBM tersebut.
Anak-anak yang kurang memiliki minat utuk membaca menjadi rajin dan gemar untuk membaca buku. Anak-anak juga diajarkan disiplin melalui lagu yang diajarkan oleh tutor sehingga sedikit demi sedikit anak-anak mulai meberapkan disiplin dalam kehidupan sehari-hari, contohnya dalam disiplin untuk mengantri.

Gambar








BAB III
PENUTUP

Saran untuk TBM Panggung Inspirasi
Taman Baca Masyarakat Panggung Inspirasi sebenarnya telah menjadi solusi terbaik untuk mengarahkan kegiatan masyarakat khususnya anak-anak ke dalam kegiatan yang lebih bermanfaat, antusiasme dari masyarakat sekitarpun tinggi namun dalam perjalanan perintisan Taman baca masyarakat yang awalnya memiliki kurang lebih 30 lebih anak yang secara rutin mengikutsertakan dirinya dalam kegiatan-kegiatan yang ada pada TBM tersebut semakin hari semakin berkurang karena seleksi alam, narasumber sendiri menyadari bahwa hal yang demikian itu juga disebabkan oleh kurangnya inovasi dan adanya kejenuhan yang dirasakan warga belajar. Kekurangan inovasi lahir dari keterbatasan yang dimiliki para relawan yang juga memiliki kesibukan diluar daripada mengurus TBM. Maka penyusun menyarankan adanya referensi dari TBM TBM yang secara usia sudah lebih dulu hadir di dunia literasi untuk dijadikan rekomendasi pada proses pembelajaran di TBM Panggung Inspirasi. Selain itu, TBM Panggung Inspirasi juga bisa membuka perekrutan untuk relawan yang memiliki kemampuan di bidang lain untuk memperkaya pembelajaran dan meminimalisir kejenuhan yang sewaktu-waktu bisa dirasakan oleh warga belajar.
Selain kurangnya inovasi terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh relawan di TBM Panggung inspirasi, kurangnya dana untuk pengembangan TBM tersebut juga menjadi hambatan tersendiri untuk TBM Panggung Inspirasi. Banyaknya faktor yang membuat TBM Panggung Inspirasi ini tidak mendapatkan dana tetap dari pemerintah. Salah satunya adalah pihak pendiri yang belum siap untuk mewakafkan tempat tersebut untuk benar-benar di kelola oleh pemerintah. Ini menjadi kendala yang cukup besar bagi sebuah TBM dalam perkembangannya, namun narasumber sendiri bersama para relawan dan juga beberapa mitra nya bisa mengatasi kekurangan dana yang di alaminya. Untuk mengatasi beberapa kekurangan dana yang sempat di alami oleh TBM Panggung Inspirasi, narasumber bekerjasama dengan MOLI, 1001 buku, Forum TBM Kabtang, dan Komunitas Pemuda Peduli (PADI). Cara ini cukup ampuh dalam mengatasi kekurangan dana sekaligus menambah relasi bagi forum TBM Panggung Inspirasi Tersebut.
Terkait dalam penggunaan media pembelajaran di TBM panggung Inspirasi Penyusun menyarankan untuk lebih terarahkan lagi dalam penggunaan media pembelajaran agar disaat pembelajaran dapat terlaksana dengan kondusif. Dengan adanya media pembelajaran yang terpenuhi pada TBM Panggung Inspirasi akan mampu juga membuat  anak-anak nya dapat lebih tertarik mengikuti pembelajaran di TBM Panggung Inspirasi.  Di TBM Panggung Inspirasi dalam penggunaan media pembelajaran masih sangat kurang sekali dan sangat terbatas. Banyak sekali media pembelajaran yang belum terlengkapi dan terpenuhi. Seperti dalam penggunaan media dalam pembelajaran laptop dan sound sudah tersedia tetapi untuk proyektor belum tersedia.
DAFTAR PUSTAKA
Putri, Gustia Windy. 2013. Rancangan Pembuatan Sarana Promosi di Taman Bacaan Masyarakat Suka Maju Sejahtera Padang. Padang: UNP (Universitas Negeri Padang)

LAMPIRAN








Tidak ada komentar:

Posting Komentar